13 Mei 2010

Mengatasi Sakit Tenggorokan

KOMPAS.com - Paling sebal jika tenggorokan mulai terasa perih dan gatal, sebab inilah tanda-tanda Anda akan terkena flu. Banyak cara yang Anda lakukan untuk mencegah penyakit ini datang, seperti minum vitamin C, minum madu, atau mencampur sesendok kecap dengan air jeruk nipis. Bila cara-cara ini masih tak sanggup menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan, coba resep lainnya berikut ini:


Bawang putih
Coba ketika: Tenggorokan mulai terasa menggelitik.

Cara kerjanya: Tanaman umbi yang pedas ini memiliki efek perangsang imunitas serta kualitas antimicrobial (memerangi virus) dan antibacterial, kata Michael Finkelstein, seorang pakar holistik di Westchester County, New York. Dengan demikian bawang putih bisa membantu tubuh untuk menyembuhkan infeksi yang menyebabkan tenggorokan perih sambil memerangi kuman yang menyebabkan rasa sakit dan iritasi. Senyawa yang membawa manfaat ini adalah allicin, yang dilepaskan ketika bawang putih mentah dipotong, ditumbuk, atau dikunyah. Finkelstein menyarankan untuk memasukkan satu atau dua siung bawang putih ke dalam microwave selama 10-15 detik untuk mengurangi intensitas rasanya, kemudian menumbuknya (menggeprek) dan mengonsumsi bawang putih tersebut sekali sehari. Perlu Anda ketahui, meskipun efektif dalam menurunkan kolesterol dan tekanan darah, suplemen bawang putih tidak membantu sistem imunitas.

Air garam hangat
Coba ketika: Tenggorokan terasa sakit dan gatal.

Cara kerjanya: “Air garam bisa menenangkan dan dapat membunuh bakteri di tenggorokan," ujar Grace Keenan, MD, direktur Nova Medical Group, di Ashburn, Virginia. “Air garam juga dapat membantu meningkatkan aliran darah untuk membawa sel-sel pembasmi infeksi ke tenggorokan untuk mempercepat penyembuhan." Campurkan satu sendok teh garam untuk 0,5 liter air, lalu gunakan untuk berkumur, satu kali sehari atau sesuai yang Anda perlukan. Namun ingat, airnya harus hangat, bukan panas. "Anda tak ingin tenggorokan malah terbakar, kan?" kata Tim Tucker, apoteker di Huntingdon, Tennessee.

Herbal tea
Coba ketika: Sakitnya terasa sepanjang hari.

Cara kerjanya: Ragam jenis herbal kemungkinan mengandung pendongkrak imunitas, seperti akar goldenseal atau echinacea; permen hitam pelega tenggorokan yang merupakan antiviral dan antibacterial; atau tanaman marshmallow, yang membantu memproduksi selaput lendir di tenggorokan Anda. Tanaman atau jamu-jamuan ini juga bisa diperlakukan sebagai tinktur, yang merupakan cairan penyaring yang terdapat di bawah lidah. Anda bisa menemukannya di apotek.

sumber : kompas.com

0 komentar: